Kenaikan TDL Hemat Subsidi Listrik Rp 7,3 Triliun

Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) mulai Juli akan menghemat subsidi listrik dalam APBN 2010 sebesar Rp 7,3 triliun pada tahun ini.

"Kalau itu disetujui DPR, maka bisa hemat subsidi tahun ini sekitar Rp 7,3 triliun. Itu penghematan setengah tahun karena naiknya baru Juli," kata Direktur Jenderal Listrik J Purwono saat dihubungi, Senin (12/4/2010).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan, jika DPR menolak usulan kenaikan TDL itu, maka akan tambahan defisit APBN 2010 sebesar Rp 6,8 triliun.

Menanggapi usulan Ketua Badan Anggaran DPR, Harry Azhar Azis agar tarif pelanggan untuk golongan daya 450 voltampere (VA) tidak dinaikkan, Purwono menegaskan pemerintah tetap dengan usulannya untuk menaikkan tarif sebesar 10 persen untuk pelanggan golongan 450 -900 VA yang mengkonsumsi listrik lebih dari 30 kilowatt per jam per bulan.

Sementara kenaikan tarif listrik untuk 900 VA ke atas ditetapkan secara berjenjang dengan rata-rata kenaikan 15 persen.

"Kami tetap dengan usulan yang sudah kami buat. Tapi itu kan nanti akan dibahas lagi DPR, semua usulan akan ditanggapi oleh pemerintah pada saat pembahasan dengan DPR," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Anggaran Harry Azhar Azis mengusulkan agar tarif untuk golongan 450 VA tidak dinaikkan. Kenaikan tarif pada bulan Juli nanti hanya dikenakan mulai pelanggan 900 VA ke atas.

Harry mengusulkan TDL untuk pelanggan golongan 900 VA dinaikkan 5 persen, golongan daya 1.300 VA dinaikkan 5-10 persen, dan golongan daya 2.200 VA dinaikkan 15 persen.

Sementara untuk golongan daya 3.300 VA dinaikkan 30 persen, dan golongan daya di atas 3.300 VA dinaikkan 40 persen dari tarif yang berlaku saat ini.

"Dengan komposisi itu, akan menekan dampaknya terhadap laju inflasi, yakni hanya naik 0,3 persen," ungkap Harry.

Sumber : detikfinance.com

Ulasan saya:
mulai bulan juli tahun ini masyarakat Indonesia lagi-lagi harus menerima dengan lapang atas kenaikan tarif dasar listrik sebesar 10%, menurut penuturan para ahli ekonomi kenaikan ini ditujukkan agar menghemat subsidi listrik sampai 7,3 triliun dalam APBN tahun ini. jika tidak dinaikan tarif dasar listrik maka akan terjadi maka akan tambahan defisit APBN 2010 sebesar Rp 6,8 triliun.
tapi untuk masyrakat menengah yang pemakaian listrik nya hanya sampai dengan 450 Voltampere (VA) pemerintah masi berbaik hati untuk tidak menaikkan tarif dasar listriknya. artinya kenaikkan tarif dasar listrik bulan juli mendatang hanya untuk masyarakat yang pemakaiannya mencapai 450 -900 VA yang mengkonsumsi listrik lebih dari 30 kilowatt per jam per bulan.

0 komentar:

Poskan Komentar