Optimisme Konsumen Membaik, IKK Maret Naik 2,1 Poin

Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi kembali membaik sehingga membuat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2010 naik hingga 2,1 poin menjadi 107,4. Angka itu lebih baik dibandingkan Februari yang tercatat terjadi penurunan IKK hingga 5,2 poin.

Demikian survei Keyakinan Konsumen yang dikutip detikFinance dari situs Bank Indonesia, Senin (12/4/2010).

Konsumen kembali meningkat optimismenya baik terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi kondisi ekonomi sampai dengan 6 bulan mendatang.

Hal itu disebabkan oleh kondisi ekonomi yang relatif stabil dan harga kebutuhan pokok (beras) yang relatif menurun, serta adanya rencana pemerintah menaikkan gaji PNS sebesar 5% mulai April-Mei.

Dua komponen pendukung IKK yakni Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Ekspektasi Konsumen (IEK) mengalami kenaikan masing-masing 1,7 poin dan 2,6 poin.

Kondisi ekonomi saat ini menurut konsumen lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya, sehingga IKE naik 1,7 poin menjadi 96,4. Meski saat ini konsumen masih menahan pengeluaran untuk mengkonsumsi barang-barang tahan lama, namun kenaikan penghasilan dan bertambahnya ketersediaan lapangan kerja menyebabkan konsisi saat ini lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya.

Selain itu, tren penurunan harga kebutuhan pokok terutama beras yang mulai merata di berbagai kota pada Maret 2010 juga menambah keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi yang lebih baik.

Konsumen juga semakin optimistis terhadap kondisi perekonomian pada 6 bulan mendatang. Hasil survei pada bulan Maret 2010 memperlihatkan indeks ekspektasi konsumen (IKE) meningkat 2,6 poin menjadi 118,5.

Meningkatnya optimisme konsumen tersebut didukung oleh perkiraan kenaikan harga yang tidak terlalu tinggi 6 bulan mendatang, pendapatan yang semakin meningkat, kondisi ekonomi yang semakin membaik dan ketersediaan lapangan kerja yang semakin meningkat

Sumber : detikfinance.com

Ulasan saya:
sepertinya tingkat keyakinan konsumen untuk 6 bulan mendatang akan membaik. hal ini disebabkan karena adanya kestabilan ekonomi di Indonesia, yaitu seperti turunnya harga beras, dan rencana kenaikkan gaji PNS sebesar 5%. selamat buat para PNS,,, jangan demo lagi..
jadi faktor2 yang menyebabkan membaiknya optimisme konsumen antara lain perkiraan kenaikan harga yang tidak terlalu tinggi 6 bulan mendatang, pendapatan yang semakin meningkat, kondisi ekonomi yang semakin membaik dan ketersediaan lapangan kerja yang semakin meningkat

0 komentar:

Poskan Komentar