Penggunaan media elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan Telepon, fax, ATM, handphone, SMS Banking: ATM phone banking, internet banking. Secara khusus Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan Disukai karena kenyamanannya.
A. Perkembangan E-Commerce
E-commerce seperti e-mail
• Berapa kali anda menulis surat sebulannya?
• Berapa kali anda menulis email sehari?
• Berapa kali anda melakukan perniagaan sebulannya?
• Berapa kali anda melakukan e-commerce setiap harinya?
Apa yang sulit atau tidak mungkin dilakukan sebelum ada e-commerce, menjadi mungkin.
Level playing field
B. E-commerce lebih dari sekedar Penggunaan Internet
Internet bukan sekedar pengganti telepon dan fax
Siapa yang dapat mengeksploitasi penggunaan Internet ini akan menang
Mengurangi biaya, waktu
Mengintegrasikan supply chain
Meraih dunia …
C. Manfaat E-Commerce
Revenue stream baru
Market exposure, melebarkan jangkauan
Menurunkan biaya
Memperpendek waktu product cycle
Meningkatkan customer loyality
Meningkatkan value chain
D. Jenis E-Commerce
Business to business (B2B)
Antra perusahaan, data berulang, e-procurement
Business to consumer (B2C)
Retail, pelanggan yang bervariasi, konsep Portal
Consumer to consumer (C2C)
Lelang (auction)
Government: G2G, G2B, G2C (citizen)
e-procurement
E. Peluang
Pasar Indonesia yang besar
Jenis layanan khas Indonesia yang hanya dimengerti oleh orang Indonesia
Semua orang masih bingung dengan “new economy”
F. Pasar Indonesia besar
Potensi
• Jumlah penduduk Indonesia yang besar
• Masih banyak yang belum terjangkau oleh Internet
• Jumlah pengguna Internet masih sekitar 5 juta orang
• Market belum saturasi
• Rentang fisik yang lebar merupakan potensi e-commerce
G. Layanan Khas Indonesia
Orang Indonesia gemar berbicara (tapi kurang suka menulis / dokumentasi)
Contoh layanan khas Indonesia
• Wartel & Warnet
• SMS
• Berganti-ganti handphone (lifestyle?)
• Games, kuis
• Content Indonesia!
H. Layanan Khas Indonesia [2]
Peluang bisnis baru yang khas Indonesia
• SMS-based applications
• nonton TV dengan chatting
• Games, kuis
I. Hambatan / Tantangan
Internet bust! Hancurnya bisnis Internet
Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
Delivery channel
Kultur dan Kepercayaan (trust)
Security
Munculnya jenis kejahatan baru
Ketidakjelasan hukum
Efek sampingan terhadap kehidupan
J. Internet Bust!
Tahun 1999 – 2000 bisnis “DOTCOM” menggelembung (bubble)
Banyak model bisnis yang belum terbukti namun ramai-ramai diluncurkan. Akhirnya hancur dengan matinya banyak perusahaan dotcom
Pengalaman buruk sehingga membuat orang lebih berhati-hati
Peluang: membuat model bisnis baru?
K. Infrastruktur Telekomunikasi
Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relative
Lebih mahal
Padahal e-commerce bergantung kepada infrastruktur telekomunikasi
Peluang: deregulasi, muncul bisnis baru
L. Delivery Channel
Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan. Masih banyak “tikus”
Ketepatan waktu dalam pengiriman barang
Jangkauan daerah pengiriman barang
Peluang: pengiriman barang yang terpercaya
M. Kultur & Kepercayaan
Orang Indonesia belum (tidak?) terbiasa berbelanja dengan menggunakan catalog
Masih harus secara fisik melihat / memegang barang yang dijual
Perlu mencari barang-barang yang tidak perlu dilihat secara fisik. Misal: buku, kaset, …
N. Kultur & Kepercayaan [2]
Kepercayaan antara penjual & pembeli masih tipis
Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang. Penggunaan kartu kredit masih terhambat
Peluang: model bisnis yang sesuai dengan kultur orang Indonesia, membuat sistem pembayaran baru, pembayaran melalui pulsa handphone
O. Ketidakjelasan Hukum
Masih belum tuntas status dari
Digital signature
Uang digital / cybermoney
Status hukum dari paper-less transaction
[de]Regulasi
P. Efek terhadap kehidupan
Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi seharusnya meningkatkan tingkat kualitas hidup kita. Kenyataannya…
Bekerja lebih panjang
Pekerjaan dibawa pulang: no life, single terus
Melebarnya jurang si kaya dan si miskin
Siapkah kita menghadapi tantangan yang tidak dapat kita hindari?
Q. Lain-lain
Ketidaksiapan institusi finansial
Tidak adanya insentif dari Pemerintah
Masih kurangnya entrepreneur di Indonesia
R. Penutup
Meskipun banyak hambatan, e-commerce tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat
Masih banyak peluang dalam e-commerce
Masih banyak hambatan. Namun hambatan bisa diubah menjadi peluang
Sumber : http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&q=e-commerce&btnG=Telusuri+dengan+Google&meta=cr%3DcountryID&aq=f&oq=e-commerce&fp=3842d7b05adb13fe
HOW TO RESPOND TO THE “TELL ME TO YOUR READING LIFE” QUESTION
5 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar